Pembelajaran dengan Komunikasi

Pembelajaran adalah pengembangan pengetahuan, keterampilan atau sikap baru pada saat individu berinteraksi dengan informasi dan lingkungan. Pembelajaran dapat terjadi sepanjang waktu. Kita bisa belajar saat sedang menonton TV, bertamasya, terjebak di kemacetan lalu lintas, saat berbicara dengan seseorang, dan sebagainya. Tetapi, jika kita saat ini sedang membahas tentang pembelajaran yang dilakukan seorang guru profesional, maka jenis pembelajaran insidental ini bukan yang dimaksud. Bagi seorang guru atau pengajar profesional, proses dan pelaksanaan pembelajaran akan mencakup pemilihan, penyusunan, dan cara penyampaian informasi dalam suatu lingkungan belajar yang sesuai, serta cara siswa berinteraksi dengan informasi itu.

Pengajaran dilakukan untuk memfasilitasi pembelajaran (proses belajar), melalui penataan informasi dan lingkungan. Proses transmisi informasi dari suatu sumber informasi ke tujuan informasi di sebut komunikasi. Pembelajaran yang terjadi bergantung pada penyerapan informasi baru. Oleh karena itu, pengajaran yang efektif tidak akan terjadi bila tidak terjadi komunikasi.

Hal penting dalam proses komunikasi pembelajaran adalah umpan balik (feed back). Umpan balik respon penerima pesan terhadap pesan yang dikirim. Setelah menerima dan menginterpretasi pesan itu, penerima itu selanjutnya dapat menjadi sumber dan mengirimkan pesannya sendiri kembali ke sumber aslinya.

Ada beberapa faktor penghambat yang menyebabkan penafsiran pesan dalam komunikasi pembelajaran tidak sesuai dengan maksud penyampai pesan (guru). Faktor-faktor itu antara lain: (1) karakteristik pesan, di mana pesan terlalu rumit atau abstrak bagi anak dalam tingkat perkembangan tertentu; (2) hambatan psikologis, seperti minat, sikap, pendapat, intelejensia, dan pengetahuan awal siswa; (3) hambatan fisik, seperti kelemahan alat indra pada anak; dan (4) hambatan kulturan, seperti perbedaan adat, norma sosial, kepercayaan, dan nilai-nilai yang dianut.

Sumber: Pengajaran dan Pembelajaran dalam Hubungannya dengan Komunikasi http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2145060

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s